Pendahuluan
- Layanan Internet VNET merupakan layanan Internet FTTH yang disediakan oleh PT Victory Network Indonesia (VNET), yang disalurkan menggunakan jaringan VNET.
- Pelanggan memahami bahwa seluruh biaya-biaya terkait Layanan tambahan yang disediakan oleh Partner (baik pekerjaan Instalasi, relokasi, penambahan fitur maupun tarif), maka biaya-biaya tersebut ditetapkan secara langsung oleh Partner dengan mengisi Formulir berlangganan yang diterbitkan khusus oleh Partner.
- Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Partner kepada Pelanggan bersifat mengikat, meskipun terpisah dari Syarat dan Ketentuan yang ditentukan oleh VNET.
Permohonan Berlangganan
- Proses Permohonan berlangganan berlaku bagi calon Pelanggan baru atau Pelanggan Eksisting yang ingin merubah layanan atau merubah lokasi instalasi Alamat Pelanggan (Relokasi yang masih didalam area coverage VNET) dengan biaya yang besarnya ditentukan oleh VNET.
- Calon Pelanggan wajib mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh VNET dengan disertai salinan (fotocopy/Scan) identitas diri yang sah, berlaku, diakui, dan dapat diterima oleh VNET.
- Calon Pelanggan bertanggungjawab penuh terhadap kebenaran dari seluruh data dan informasi yang disampaikan di dalam formulir pendaftaran VNET, dan sepakat untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Layanan. Setiap perubahan terhadap informasi yang telah diberikan wajib disampaikan kepada VNET selama berlangganan Layanan VNET.
- Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif setelah Pelanggan melakukan submit formulir registrasi online dan/atau saat pegawai VNET melakukan pengisian formulir registrasi atas persetujuan Pelanggan yang disertai dengan tandatangan serta persyaratan administrasi lainnya.
- VNET berhak secara sepihak menolak permohonan calon Pelanggan.
- Setelah melakukan registrasi dan selesai di aktivasi, Pelanggan wajib melakukan pembayaran sesuai tagihan. Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, transfer dan merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan VNET.
- Apabila permohonan pembatalan berlangganan diajukan oleh Pelanggan sebelum jatuh tempo, maka Biaya berlangganan yang telah dibayarkan oleh Pelanggan tidak dapat dikembalikan, atau dianggap hangus.
Proses Pemasangan / Instalasi
- Untuk permintaan pemasangan, baru akan dipenuhi apabila Pelanggan telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan VNET, termasuk persyaratan teknis.
- Pemasangan perangkat di Alamat Pelanggan ditetapkan waktunya oleh VNET dengan persetujuan Pelanggan dan Pelanggan wajib berada di lokasi dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Khusus pemasangan yang berlokasi di Cluster Perumahan/Apartemen/Wisma/Gedung yang memerlukan ijin tambahan, Pelanggan wajib menginformasikan dan atau mendapatkan izin pelaksanaan instalasi dari pemilik/pengelola Alamat Pelanggan tentang kegiatan pemasangan perangkat tersebut. Biaya perijinan di lokasi tersebut menjadi beban Pelanggan.
- Permintaan perubahan Jadwal Instalasi hanya dapat dilakukan maksimal 24 Jam sebelum jadwal instalasi yang telah disepakati sebelumnya.
- Pembatalan permintaan instalasi, akan dikenakan Biaya Pembatalan Dini (Early Cancelation Fee) apabila VNET menerima informasi permintaan pembatalan Instalasi, kurang dari 24 jam sebelum jadwal yang sudah disepakati sebelumnya.
- VNET akan menginformasikan kepada Pelanggan tentang seluruh tindakan/proses kegiatan dalam rangka pemasangan perangkat di lokasi Pelanggan, termasuk akibat yang ditimbulkannya.
- Pelanggan membebaskan VNET/pihak yang ditunjuk secara resmi oleh VNET dari segala gugatan/tuntutan pihak manapun juga atas segala kemungkinan yang timbul akibat dari pemasangan perangkat tersebut. Namun demikian VNET akan selalu berpedoman kepada prinsip kehati-hatian, kecermatan dan profesionalisme dalam pelaksanaan pemasangan perangkat tersebut.
- Pelanggan menyadari dan mengakui sepenuhnya bahwa seluruh peralatan dalam rangka penyambungan layanan VNET (Termination Box, Optical Network Terminal (ONT), dan perangkat pendukung lainnya) yang terdapat di lokasi Pelanggan adalah milik VNET dan wajib dikembalikan setelah Pelanggan berhenti berlangganan.
- Peralatan yang disiapkan secara mandiri oleh Pelanggan adalah menjadi tanggung jawab penuh dari Pelanggan. Untuk itu Pelanggan menerima, mengakui dan menyetujui bahwa peralatannya tersebut dapat secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas Layanan Internet VNET yang disalurkan melalui jaringan VNET.
- Pelanggan wajib menjaga dan memelihara seluruh peralatan milik VNET yang berada di lokasi Pelanggan.
- Pelanggan dilarang keras memberikan hadiah, tips, atau pemberian lainnya kepada karyawan VNET maupun pihak yang ditunjuk secara resmi oleh VNET dalam melakukan instalasi.
Pengakhiran Kontrak Berlangganan
- VNET secara sepihak dapat mengakhiri kontrak berlangganan karena Pelanggan melanggar ketentuan kontrak berlangganan atau karena VNET tidak mampu lagi menjadi penyelenggara layanan Internet FTTH di wilayah/lokasi Pelanggan.
- VNET dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 dan 1267 KUH Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan kontrak berlangganan dapat dilakukan oleh salah satu pihak jika terjadi wanprestasi, dan dinyatakan sah tanpa menunggu keputusan hakim.
Pemutusan Layanan
- Apabila Pelanggan tidak membayar/menunggak pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan dalam tagihan, maka VNET berhak secara sepihak menghentikan atau memutuskan jasa atau layanan kepada Pelanggan dan menarik kembali perangkat VNET yang berada di lokasi pemasangan Pelanggan (khusus bagi yang menggunakan fasilitas pinjam perangkat).
- Jika Pelanggan berkehendak untuk tidak memperpanjang masa berlangganan, Pelanggan wajib memberitahukan kepada VNET dengan cara mendatangi atau menghubungi layanan customer service (CS) VNET selambat-lambatnya 7 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo.
- Apabila masa berlangganan berakhir karena sebab ataupun tidak diperpanjang lagi, maka Pelanggan wajib menyerahkan kembali seluruh peralatan milik VNET yang terdapat di rumah Pelanggan kepada VNET dalam keadaan baik, tidak rusak, dan masih layak dipakai pada saat pemutusan. Dalam hal Pelanggan berkehendak mengakhiri dan/atau tidak diperpanjang lagi, maka biaya berlangganan yang sudah dibayar di muka tidak dapat ditarik kembali.
- Pelanggan wajib memberitahukan secara tertulis (email) kepada Customer Service VNET bila akan pindah ke lokasi lain selambat-lambatnya 14 hari sebelum kepindahan dan/atau peralihan lokasi tersebut dilakukan.
- VNET tidak bertanggung jawab dan Pelanggan setuju untuk membebaskan VNET terhadap kondisi “Force Majeure” atau kondisi di luar kehendak/kemampuan VNET termasuk tapi tidak terbatas pada koneksi internet yang terputus, penggantian/perubahan dalam kebijakan/peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia, unjuk rasa, perang, gempa bumi, banjir, petir, kebakaran, dan lain-lain yang mungkin terjadi selama masa berlangganan yang berada di luar jangkauan kemampuan manusia pada umumnya, termasuk VNET, sehingga VNET tidak berkewajiban untuk memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Pelanggan, termasuk tidak berkewajiban pada penyesuaian biaya berlangganan.
- Bagi Pelanggan yang telah dilakukan pemutusannya oleh VNET, baik atas permintaan Pelanggan sendiri maupun disebabkan oleh keterlambatan pembayaran, pihak VNET dan atau pihak lain yang secara resmi ditunjuk VNET untuk sewaktu-waktu dapat mengadakan pemeriksaan langsung ke lokasi Pelanggan yang diduga masih menikmati layanan VNET. Untuk itu, pelaksanaan pemeriksaan ini, VNET akan tetap berpegang pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan jika diperlukan akan bekerja sama dengan jajaran penegak hukum dan instansi pemerintah yang berwenang.
- Pemutusan layanan VNET ini sesuai dengan ketentuan poin 6 di atas tidaklah berarti menghapus kewajiban Pelanggan untuk melunasi seluruh kewajiban yang tertunggak.
Pembayaran Tagihan (Billing)
- Pelanggan wajib membayar biaya berlangganan pada saat awal melakukan pendaftaran.
- Masa berlaku layanan internet VNET adalah selama 1 bulan/30 hari sejak dilakukan pembayaran. Bila setelah jatuh tempo, pelanggan belum melakukan pembayaran untuk bulan berikutnya, maka otomatis layanan internet VNET tidak dapat digunakan.
- Sistem pembayaran berlangganan VNET adalah pra bayar.
- VNET akan mengirimkan email ke email pelanggan dan pesan melalui aplikasi WhatsApp ke nomor handphone pelanggan 7 hari, 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran, dan hari H jatuh tempo pembayaran untuk mengingatkan pelanggan untuk melakukan pembayaran sehingga layanan internet VNET tetap dapat digunakan oleh pelanggan.
- Pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui transfer bank, ataupun melalui Payment Channel yang sudah bekerja sama dengan VNET.
- Bila dalam waktu 14 hari sejak tanggal jatuh tempo, pelanggan belum melakukan pembayaran, maka VNET akan menganggap pelanggan berhenti berlangganan dan VNET akan mengambil seluruh perangkat milik VNET di tempat pelanggan.
Pelayanan (Customer Service)
- Pelanggan berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau non-teknis dari VNET yang dapat dihubungi 24/7 melalui pesan WA ke nomor +62 811-1771-918.
- Layanan diberikan tanpa jaminan tertentu, tanpa jaminan gangguan Layanan dan tanpa jaminan ketersediaan Layanan dimana Layanan dapat diakses secara bersamaan oleh semua Pelanggan tanpa pengaturan, alokasi dan/atau prioritas tertentu.
- Pelanggan berhak untuk mendapatkan layanan perbaikan ke lokasi Pelanggan. Tindakan perbaikan ini dapat dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku.
- VNET akan selalu memberikan informasi terbarunya melalui salah satu salurannya, website atau pada media-media lainnya.
Batasan Penggunaan Layanan VNET
Pelanggan dilarang untuk :
- Melakukan sendiri atau dengan bantuan pihak lain selain pihak yang ditunjuk oleh VNET untuk melakukan pemindahan atau perubahan, berupa apapun terhadap jaringan layanan VNET
- Mengenakan biaya kepada orang lain untuk menikmati layanan VNET.
- Memberikan atau mendistribusikan atau memperluas sendiri layanan VNET dengan cara apapun kepada pihak lain.
- Memperbanyak dan/atau menggandakan dalam bentuk apapun semua layanan VNET.
- Menggunakan segala bentuk layanan (logo, trademark) untuk kepentingan pribadi dan/atau pihak lain manapun.
- Memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk memanfaatkan fasilitas jaringan VNET yang tidak sebagaimana mestinya tanpa ijin tertulis sebelumnya dari VNET.
Pelanggan menerima dan menyetujui bahwa seluruh fasilitas layanan VNET harus digunakan untuk tujuan yang sesuai dengan norma-norma, adat-istiadat, kebiasaan serta hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
Batasan Tanggung Jawab
- VNET dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Berlangganan apabila terjadi Force Majeure.
- VNET tidak bertanggung jawab atas isi berita dan/atau informasi dan/atau data yang dimiliki Pelanggan dan/atau kehilangan data yang dikirim/diterima oleh Pelanggan kepada/dari pihak lain melalui jaringan telekomunikasi milik VNET. Oleh karenanya, dengan ini Pelanggan membebaskan VNET dari segala gugatan/tuntutan dari pihak manapun juga.
Sanksi-Sanksi
- Apabila terdapat kerusakan yang disebabkan kesalahan/kelalaian Pelanggan dengan indikasi kerusakan yang disebabkan oleh pecah, penyok, segel terbuka, tutup terbuka, terindikasi terkena bahan kimia asam/basa, terindikasi oksidasi yang disebabkan oleh air ataupun kehilangan peralatan milik VNET serta kejadian Force Majeure, maka biaya-biaya yang akan timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
- Layanan VNET akan diisolir jika sampai dengan tanggal jatuh tempo pelanggan tidak melakukan pembayaran. Maksimum masa isolir (pembayaran tunggakan) adalah selama 1 bulan dan VNET akan melakukan pengambilan perangkat ditempat pelanggan.
- Pelanggan dengan ini memahami, mengetahui dan menyatakan bahwa ketentuan dalam kontrak berlangganan merupakan pemberitahuan/informasi tentang kemungkinan dikenakannya sanksi tersebut, oleh karena itu tidak ada kewajiban bagi VNET untuk memberitahukan lebih dahulu kepada Pelanggan atas pengenaan sanksi dimaksud.
Penyelesaian Perselisihan
- Perselisihan yang menyangkut pelaksanaan dan/atau penafsiran atas kontrak berlangganan diselesaikan bersama oleh VNET dan Pelanggan secara musyawarah.
- Apabila penyelesaian secara musyawarah berdasarkan ketentuan dalam kontrak berlangganan tidak tercapai maka VNET dan Pelanggan sepakat menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri (PN) / Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan domisili hukum di lokasi kantor VNET setempat.
- Apabila oleh suatu sebab terdapat sebagian dari ketentuan dalam kontrak berlangganan dibatalkan oleh Hakim atau menjadi batal demi hukum maka ketentuan tersebut tidak membatalkan atau mempengaruhi ketentuan selebihnya.
Biaya-Biaya
- Biaya pemasangan sebesar IDR 250.000,- (berlaku juga untuk biaya pemindahan ke alamat yang berbeda).
- Biaya Relokasi (Dalam Alamat yang sama) akan dikenakan biaya sesuai material yang akan dipasang, serta biaya jasa relokasi sebesar IDR 250.000,-.
- Kelebihan Cable Patchcord dikenakan biaya sebesar IDR 5.000,-/meter.
- Panjang Cable Dropwire yang ditanggung dalam pemasangan adalah sepanjang 200m, kelebihan Cable Dropwire/FO dikenakan biaya sebesar IDR 2.000,-/meter.
- Kerusakan Optical Network Terminal (ONT) dikenakan biaya IDR 600.000,-/unit.
- Kerusakan dan/atau hilangnya Power Adapter dikenakan biaya sebesar IDR 200.000,-/unit.
- Harga-harga sebagaimana telah disebutkan di atas sewaktu-waktu dapat berubah dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan.